Pesta Demokrasi, Muhammad Febriyansyah dan Laura Prima Jadi Ketua dan Wakil OSIS SMAN Raksa Budi

MUSI RAWAS – SMAN Raksa Budi melaksanakan pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2022-2023 pada Rabu (14/9/2022) kemarin. Pesta demokrasi tersebut dilaksanakan di halaman sekolah dengan tiga pasang kandidat calon ketua dan wakil OSIS.

Nomor urut satu ada pasangan Muhammad Fauzan Afif dan Hamid Khoirudin, nomor urut dua ada Heni Auyawati dan Hamdan Aroysid dan nomor urut tiga ada pasangan Muhammad Febriyansyah dan Laura Prima.

Hasilnya, nomor urut tiga yakni Muhammad Febriyansyah dan Laura Prima meraih suara terbanyak yakni 131 suara, sedangkan nomor urut satu mendapatkan 79 suara dan nomor urut dua 57 suara. Untuk jumlah siswa yang mengikuti pencoblosan sendiri ada 285, dan jumlah surat suara yang tidak sah 18 orang.

Kepala SMAN Raksa Budi Suripto melalui Waka Kesiswaan Abdul Rochmad Chais menjelaskan, proses pemilihan Ketua OSIS tersebut diawali dengan kampanye calon ke setiap kelas, debat kandidat dan pemilihan (pencoblosan) kemudian penghitungan surat suara oleh KPU OSIS SMA Negeri Raksa Budi. Semua proses pemilihan ini, didampingi oleh pembina OSIS dan Waka Kesiswaan.

“Saat pencoblosan ini, setiap kelas dipanggil secara berurutan untuk melakukan pencoblosan. Misalnya dimulai dari kelas X Mipa 1 diberi kesempatan untuk nyoblos terlebih dahulu. Setelah selesai mereka masuk kelas kembali untuk kembali belajar, dilanjutkan kelas X Mipa 2 dan seterusnya sampai semua siswa kelas melakukan pencoblosan dan setelah itu baru dilakukan penghitungan surat suara,”jelasnya.

Untuk prosesnya, siswa dipanggil sesuai absen kelas. Lalu siswa yang dipanggil mengambil surat suara di meja KPU, kemudian siswa melakukan pencoblosan di meja yang sudah disediakan. Setelah itu, surat suara dimasukkan di kotak surat suara yg telah disediakan dan siswa kembali ke kelas.
“Dalam penghitungan surat suara, disaksikan oleh perwakilan setiap kelas (MPK), pembina osis, Waka Kesiswaan dan beberapa dewan guru yang tidak ada jam mengajar,”

Nantinya, lanjut ia setelah ini akan dilaksanakan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) dan baru dilakukan pelantikan. Hanya calon pengurus OSIS yang lulus LDKS
yang berhak dilantik menjadi pengurus OSIS.

Kemudian, untuk materi yang disampaikan dalam LDKS ini mulai dari kepemimpinan sampai spiritual Islam. Ia juga mengharapkan, semoga dengan terpilihnya ketua OSIS yang baru ini, OSIS SMAN Raksa Budi akan lebih baik dan semakin bermanfaat bagi semuanya.

“Untuk ketua OSIS yang terpilih, agar dapat mencontoh akhlak nabi Muhammad, menjadi suri teladan yang baik bagi seluruh siswa,”pesannya. (Nyt)

error: fuck you not copy!!!