Irmansa : Perkuat Program Religius Melalui Pembiasaan

LUBUKLINGGAU – Irmansa, sosok pria tersebut mungkin tidak asing lagi, terutama dalam dunia pendidikan. Karena ia, sudah berkecimpung lama dalam dunia pendidikan, dimana menjadi PNS pada tahun 2013 bertugas dan pertama bertugas di SDN 12 Lubuklinggau. Kemudian, 2020 pindah ke SDN 55 Lubuklinggau dan pada 2 November 2022 dilantik menjadi Kepala SDN 85 Lubuklinggau.

Namun, untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah ini baru pertama. Kendati demikian, dengan bekal pengalamannya ia akan memajukan dunia pendidikan terutama di Kota Lubuklinggau.

Irman menyebutkan, menjabat sebagai Kepala Sekolah Program utama yang akan dirinya lakukan yakni melakukan pembiasaan untuk menumbuhkan sikap beriman kepada Allah SWT dan berakhlak mulia.Pembiasaan yang kini mulai diterapkan yaitu sholat duha bersama sebelum belajar, sholat Dzuhur berjamaah di masjid serta pembelajaran baca Tulis Quran.

Lanjutnya, masih banyak lagi pembiasaan yang akan dilaksanakan, agar siswa menjadi siswa yang beriman dan berakhlak .

“Gebrakan perdana sudah kita mulai dengan pembiasaan dalam rangka menumbuhkan karakter beriman dan berakhlak mulia pada siswa,”ungkapnya.

Kemudian, selain program tersebut ada juga program literasi dan program siswa mandiri. Terkait program literasi yaitu memastikan semua siswa telah memahami literasi dasar dan lanjutan sebagai bekal untuk ke jenjang berikutnya. Siswa yang masih belum memiliki tingkat literasi Dasar diberikan waktu khusus untuk belajar bersama guru yang disiapkan.

Terkait kemandirian siswa akan kita mulai program Jumat produktif, dimana siswa tingkat atas (V dan IV) akan membuat sesuatu yang bernilai bisa berbentuk makanan atau barang. Sehingga, pada Jumat yang telah ditentukan akan dipasarkan dengan siswa lain.

“Selain membentuk kemandirian, juga menumbuhkan jiwa entrepreneur,”ujar ia.

Selanjutnya, mulai penataan fisik sekolah dalam rangka menjadikan sekolah yang nyaman dan aman bagi siswa.

“Terima kasih pada Walikota atas kepercayaan. Dan saya merasa tertantang untuk membuktikan kepercayaan tersebut, sehingga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan visi sekolah.”tutupnya. (Nyt)