Keren, ISSI Kota Lubuklinggau Sekolahkan Dua Atlet ke Jawa Timur

*Ikuti Program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)

LUBUKLINGGAU – Keseriusan Cabang Olahraga Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Lubuklinggau dalam menciptakan atlet prestasi tidak main-main.

Usai tampil di event nasional beberapa bulan lalu, kali ini atlet ISSI Kota Lubuklinggau kembali mengembangkan bakat dengan mengikuti program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) “Sekolah Pelatihan Sepeda”.

Untuk diketahui program DBON merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam memajukan Olahraga Nasional.

” Alhamdulillah dua atlet kita mengikuti program ini, Ade Setian dengan Deby Febiola, mereka akan mengembangkan bakat mereka selama 6 bulan di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur,”jelas Ketua Issi Kota Lubuklinggau, Febrio Fadillah, Rabu (28/9/2022).

Selama mengikuti program ini, keduanya akan dimentori atlet nasional Zaenal Fanani. Rio berharap selama sekolah pelatihan sepeda, para atlet dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan kemampuan.

“Kami dari Issi juga sudah meminta izin kepada kedua orang tua mereka, mengingat sekolah ini memakan waktu sampai enam bulan,” beber Rio.

Ditanyai, latar belakang menyekolahkan atlet, Rio memiliki niatan luar biasa bagi Kota Lubuklinggau yakni dimana Kota Lubuklinggau kedepan memiliki atlet tingkat nasional dan mengukir prestasi.

“Paling tidak, kita memiliki atlet yang bisa mampu bersaing dengan atlet lainnya,” tegas Rio.

Dalam kesempatan ini, ayah satu putra ini mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Lubuklinggau, Dispora, Seluruh Pengurus Issi Lubuklinggau, Koni Lubuklinggau, pelatih Mas Cuyak dan Issi Sumsel yang turut serta mensupport program ini.

Sementara itu Ketua Koni Kota Lubuklinggau, Bambang Rubianto mendukung penuh atlet ISSI Lubuklinggau mengikuti sekolah pelatihan sepeda di Kabupaten Lumajang.

Dirinya menjelaskan keberangkatan dua atlet issi tersebut tidak terlepas dari bantuan pemerintah kota Lubuklinggau yang telah menyetujui usulan permohonan dana dari Koni Kota Lubuklinggau untuk mengikuti program DBON.

“Mungkin ada yang bertanya mengapa olahraga Issi. Untuk diketahui ada 14 cabang olahraga yang masuk dalam DBON dan salah satunya ISSI, dan karena Issi Lubuklinggau pada Porprov lalu juara umum sehingga Issi lah yang terpilih untuk mengikuti program tersebut,” Jelas Bambang.

Anggaran bantuan dari pemerintah kota Lubuklinggau sebesar Rp 230 juta Rupiah, dan itu merupakan usulan dari Koni Lubuklinggau, untuk menyekolahkan dua atlet Issi mengikuti sekolah pelatihan sepeda.

“Besar harapan kita, dua atlet itu nantinya dapat berkembang selama mengikuti pelatihan, dan jadi harapan kita bersama mereka bisa mengharumkan kota Lubuklinggau ke depan,” ujarnya.

Adanya hal semacam ini, Bambang Rubianto menginginkan cabang olahraga lain dapat lebih berprestasi sehingga dapat mengikuti hal serupa.

“Adanya program ini, semoga bisa menjadi pemacu semangat cabang olahraga lain untuk sama sama mengukir prestasi kedepannya,” harap Bambang. (BI)