MAN 1 Musi Rawas Terapkan Program Literasi Al-Qur’an

Musi Rawas – MAN 1 Musi Rawas (Mansamura) menerapkan Program Literasi Al Qur’an sebagai rutinitas. Dimana, anak didiknya membaca Al Qur’an secara bersama-sama sebelum dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di pagi hari. Serta kegiatan Khotmil Al Qur’an bagi siswa-siswi kelas X, XI dan XII di Ruang aula Madrasah.

Kepala MAN 1 Musi Rawas Buchari menjelaskan program Literasi Al Qur’an sejak dini harus diterapkan Madrasah. Agar, kelak pelajarnya tetap mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sebagai jaminan hidup mereka.

“Setiap pagi hari sebelum KBM dimulai, siswa-siswi membaca Al Qur’an selama 10 menit yang dipimpin langsung oleh setiap perwakilan kelasnya sebagai wadah untuk melatih mereka untuk menjadi pemimpin”.ungkap ia.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu, akan tetapi dipimpin oleh guru dan para wakil kepala madrasah serta pembina rohis. Namun, pada awal tahun 2022, dengan berbagai pertimbangan wali kelas, dewan guru serta pegawai juga dilibatkan.

“Literasi Al Qur’an bukan hanya masalah yang berkaitan dengan kebiasaan, tapi membangun kedekatan menjadi kecintaan sehingga nilai Al-Qur’an bisa mewarnai kehidupan anak-anak. Ada hubungan Al-Qur’an dengan pembentukan karakter, unsur kecerdasan, dan akhlak. Konteks ini tidak lepas dari perintah membaca dulu seperti disebut dalam Al Qur’an Surat Al Alaq,”jelasnya.

Sedangkan kegiatan Khotmil Al Qur’an, seluruh anak-anak yang akan menamatkan sekolahnya di Madrasah, harus mengikuti kegiatan Khotmil Al Qur’an.

“Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Kepala Madrasah, seluruh Wakil Kepala Madrasah maupun dewan guru.”tutupnya (Nyt)