Melalui DDTK dan PMT, TK Hikmatul Ilma Ajak Anak Hidup Sehat

Musi Rawas – TK Hikmatul Ilma melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) dan Pemberian Makan Tambahan (PMT), Jumat (16/9/2022). Kegiatan ini, sekaligus parenting dengan materi sosialisasi enam aspek perkembangan Aud seri Motorik Kasar.

Kepala TK Hikmatul Ilma, Hartiq Istiqomah menjelaskan setiap satu bulan sekali, pihaknya selalu mengadakan deteksi dini tumbuh kembang/DDTK meliputi penimbangan, ukur tinggi, lingkar kepala, pemeriksaan kebersihan meliputi tangan kuku, telinga dan mulut.

Sedangkan, pemberian makanan tambahan gizi biasanya menu makanan sehat dan mengandung protein untuk membantu pemenuhan gizi.

Lebih lanjut, tujuan DDTK ini untuk mendeteksi tumbuh kembang anak agar kita bisa mengintervensi perkembangan anak apabila kurang dari usianya. Selain itu, orang tua tahu perkembangan pertumbuhan anak yang normal itu bagaimana.

Sedangkan, PMT karena memang cuma sebulan sekali mungkin tidak terlalu berpengaruh untuk gizi anak. Tapi setidaknya, orang tua faham akan pentingnya gizi untuk pertumbuhan anak. istilahnya memberi contoh, jadi isu stunting bisa kita antisipasi.

“Melalui ini, kita ingin mengajak anak dan orang tua untuk hidup sehat,”ujarnya.

Sedangkan kegiatan parenting, bulan ini pihaknya mengangkat materi enam aspek perkembangan anak yang di bagi satu aspek setiap bulan. Dan enam aspek tersebut, yakni Motorik (motorik kasar, motorik halus), kognitif, bahasa, sosial emosional, norma agama dan moral serta seni.

“Setelah sosialisasi ke orang tua kita lanjutkan kegiatan sehari belajar dan bermain bersama orang tua dengan mempraktekkan salah satu aspek yang di sosialisasikan tadi.”jelasnya.

Masih kata Hartiq, tujuan mereka memberikan pendidikan kepada orang tua tentang perkembangan anak, agar orang tua faham dan bisa saling mendukung kegiatan anak baik di rumah maupun disekolah.

“Anak pintar, juga harus di imbangi orang tua yang cakap bukan,”tutupnya. (Nyt)