Muhadharah Ajang Latihan Siswa Jadi Dai

Musi Rawas-MAN 1 Musi Rawas rutin melaksanakan muhadharah. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada Jum’at dan sebagai salah satu bentuk untuk menampilkan bakat dan minat siswa.

Kepala MAN 1 Musi Rawas Buchori melalui Waka Kesiswaan Hefzi Widia menjelaskan kegiatan itu diisi dengan berbagai kegiatan kreatifitas siswa, yang diawali dengan pembacaan Ayat suci Al-qur’an kemudian Sholawat, Tilawah dan sari tilawah serta Hadrah.

Kegiatan ini, merupakan upaya mereka untuk mempersiapkan kader-kader da’i atau mubaligh yang berpengetahuan luas dan bermental serta intelektual tinggi.

“Pelaksanaan kegiatan Muhadharah dikemas dalam bentuk kultum setiap pagi Jum’at dan ini dilaksanakan secara bergiliran setiap kelas. Kami melaksanakan kegiatan ini juga untuk memberikan bekal pada anak-anak. Yang mana, bekal itu sangat berguna bagi mereka ketika terjun ke masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan kegiatan muhadharah ini sangat besar sekali manfaatnya bagi siswa di madrasah. Diantaranya siswa akan terlatih untuk membaca dan menghafal materi yang akan disampaikannya saat mereka tampil.

Tidak hanya itu saja, mereka dilatih untuk berbicara menyampaikan ceramah, tahfidz, Sholawat, Pantun, Tilawah dan sari tilawah dan Hadrah didepan teman-temannya secara bergantian layaknya seorang mubaligh.

“ Kami harapkan anak-anak ini nantinya bisa menjadi generasi yang cerdas, kreatif dan religius,”harapnya. (Nyt)