Muhammad Razi Yulian dan Naila Ananta Rizma Terpilih Jadi Ketua dan Wakil OSIS SMAN 2 Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Pesta demokrasi, pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMAN 2 Lubuklinggau berjalan lancar. Hasil dari pemilihan yang dirancang layaknya pemilu tersebut pasangan kandidat nomor satu Muhammad Razi Yulian dan Naila Ananta Rizma terpilih menjadi Ketua dan Wakil OSIS periode 2022/2023.


Kemudian, kandidat nomor dua M. Apriza Rizqullah dan Salwa Revalina memperoleh 371, pasangan nomor tiga Elsabbi Anja Zillah dan Ully Mei Tasya mendapatkan 27 suara dan pasangan nomor empat Indah Pertiwi dan Seyka Salsabila Septia mendapatkan 47 suara, sedangkan suara tidak sah ada 41 suara.

Kepala SMAN 2 Lubuklinggau Dewi Aulia Margaretha melalui Waka Kesiswaan Himawan Sutanto menjelaskan setidaknya ada empat pasang kandidat yang bersaing dalam pemilihan Ketua dan Wakil OSIS tersebut.

Sebelum pencoblosan hari ini (Rabu, 21/9/2022) beberapa tahapan telah diikuti calon Ketua dan Wakil OSIS. Mulai dari pendaftaran dimana perwakilan masing-masing kelas mendaftar hasil ada 105 yang daftar. Kemudian, tahap seleksi mulai seleksi administrasi dan wawancara yang akhirnya terpilihlah 56 orang.

Tahap berikutnya, pemilihan ketua dan wakil ketua yang akhirnya terpilihlah empat pasang kandidat calon ketua dan wakil OSIS ini. Tidak sampai disini saja, para calon ini melakukan kempanye dengan warga sekolah serta menyampaikan visi dan misi mereka.

Setelahnya, dilaksanakan debat terbuka dengan empat panelis yakni bidang kesiswaan, bidang akademik yakni kurikulum, pembina OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

“Hari ini, mulai dari guru, staf tu, penjaga sekolah hingga pelajar melakukan pencoblosan, menggunakan hak suaranya untuk memilih salah satu pasangan kandidat yang dinginkan,”ungkap Himawan.

Kemudian saat pencoblosan ini, konsepnya layaknya pemilu yakni yang dimulai mengantri kemudian mengambil kertas suara, pemilih masuk ke bilik untuk nyoblos, selanjutnya memasukkan kartu suara ke kotak yg disediakan dan terakhir mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda bahwa pemilih sudah mengeluarkan hak pilihnya.
“Tujuannya, kami ingin memberikan pembelajaran demokrasi melalui kegiatan ini. Yang mana, mereka menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar.”jelas Himawan

Lebih lanjut, dirinya mengharapkan Ketua dan Wakil yang terpilih tersebut dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan baik. Dan tetap bisa melaksanakan kegiatan intra maupun ekstra nya.

Kemudian pembina OSIS Wahyuningsih menambahkan usai pemilihan ini selanjutnya menyusun pengurus OSIS periode 2022-2023, kemudian 25 September 2022 dilaksanakan Diklat OSIS dan 3 Oktober 2022 Sertijab pengurus OSIS dan pengurus ekskul. (Nyt)