SD Kota Lubuklinggau Lakukan Simulasi ANBK

LUBUKLINGGAU- Sekolah Dasar (SD) Kota Lubuklinggau, baik negeri maupun swasta melaksanakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa-siswinya. Simulasi ini dilaksanakan selama dua hari, yang terbagi dalam dua gelombang.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Lakoni Alamsyah yang juga kepala SDN 20 Lubuklinggau menyebutkan untuk gelombang pertama dilaksanakan mulai hari ini hingga besok (Kamis, 29/90/2022). Sedangkan gelombang kedua, 3 hingga 6 Oktober 2022.

“Simulasi ini serentak, dan diikuti seluruh SD Kota Lubuklinggau kecuali sekolah yang belum memiliki siswa kelas lima,”ungkap ia.

Dikatakan ia, dalam pelaksanaan ANBK ini diikuti 35 siswa per sekolahnya. Jumlah tersebut terbagi dalam 30 utama dan lima cadangan. Peserta ini ditentukan oleh pemerintah pusat, dan merupakan siswa kelas V dan terbagi dalam tiga sesi. Untuk, kompetensi yang diujikan itu, meliputi literasi dan numerasi.

“Dihari pertama ini pelaksanaan simulasi berjalan lancar. Puncaknya dilakukan pada 24 hingga 27 Oktober 2022 dan semoga nantinya bisa berjalan lancar,”ungkap ia.

Lanjutnya, ANBK sendiri merupakan program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sebelum anak-anak, lanjut Lakoni kepala sekolah beserta guru juga telah mengikuti Asesmen.

Tambahnya, simulasi ini dilakukan agar siswa nantinya memiliki pengetahuan, serta pengalaman awal mengikuti asesmen yang sesungguhnya. Selain itu, juga untuk mengecek kesiapan anak dan sarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ANBK.

“Pada kegiatan simulasi ini para siswa dibimbing cara-cara menjawab soal yang ada pada computer, terutama pengisian biodata peserta. Semoga pelaksanaan nya nanti, bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala,”harapnya. (Nyt)