Wawako Buka Acara Pentas PAI Tingkat SD se-Kota Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Wakil Walikota Lubuklinggau H. Sulaiman Kohar secara langsung membuka lomba Pentas PAI tingkat SD se Kota Lubuklinggau, pada Senin (11/4/2022) di Masjid Agung As Salam.

Kegiatan yang mengangkat tema “Melalui Pentas PAI Kita Ciptakan Insan Cendekia yang Penuh Kreasi, Berprestasi dan Berakhlak Islami” tersebut juga dihadiri Kabag Kesra Tarmizi Taufik, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lubuklinggau H. Dian Chandera, Kasi Pakis Kemenag Kota Lubuklinggau Muslim, Korwas PAI dan beberapa lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kota Lubuklinggau Benni Arianto menyebutkan kegiatan ini dimotori oleh KKG PAI Kota Lubuklinggau. Ini perdana pihaknya laksanakan, mengingat adanya program kerja dari KKG PAI Provinsi Sumatra Selatan ( Sumsel ) yang akan mengadakan Pentas PAI tingkat Provinsi.

“Jadi, anak-anak yang juara nantinya akan mewakili Kota Lubuklinggau dalam ajang Pentas PAI tingkat Sumsel.”ujarnya.

Kedepannya, Benni menambah kegiatan tersebut juga akan menjadi agenda rutin mereka setiap tahunnya. Tujuannya, untuk mencari generasi ataupun mencari bibit anak-anak berprestasi.

“Jadi ketika ada perlombaan, kita sudah punya anak-anak berprestasi yang siap untuk diikuti sertakan,”katanya.

Tidak hanya mengadakan lomba, KKG PAI Kota Lubuklinggau dikatakan Benni juga rutin melakukan pertemuan setiap bulannya. Sifat kegiatan, untuk meningkatkan profesional guru PAI seperti melaksanakan workshop, pelatihan hingga pembuatan model-model pembelajaran.

Kemudian, Ketua Panitia Anton Supriyadi menambahkan ada lima cabang perlombaan yang diperlombakan dalam Pentas PAI tersebut yakni adzan, pildacil, hafalan surah surah pendek, cerdas cermat dan busana muslim. Sedangkan Untuk pesertanya, berjumlah 431 orang, yang merupakan perwakilan utusan dari SD negeri maupun swasta di Kota Lubuklinggau.

Lebih jelas, ia menyampaikan 431 peserta itu terdiri dari 61 peserta adzan, pildacil 52 peserta dengan rincian 20 putra dan 32 putri, 101 peserta hafalan surah-surah pendek terdiri dari 48 putra dan 53 putri, 123 peserta cerdas cermat dan 94 peserta busana muslim terdiri dari 38 putra dan 56 putri.

“Kegiatan ini, dilaksanakan selama tiga hari mulai 11 hingga 13 April 2022. Untuk para pemenang nantinya, akan mendapatkan trofi, sertifikat dan uang pembina”ungkap.

Kemudian, untuk tujuan kegiatan tersebut
sebagai media untuk memperkokoh jalinan silaturahmi dalam upaya memperkuat ukhuwah Islamiyah dikalangan pengurus KKG PAI SD Kota Lubuklinggau.

“Serta sebagai wadah menumbuhkan semangat perjuangan dalam upaya mewujudkan generasi islami masa depan yang cerdas beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar memberikan apresiasi dan bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan KKG PAI Kota Lubuklinggau tersebut.

“Kegiatan ini sangat baik, untuk mempersiapkan generasi penerus kita kedepannya. Karena, anak-anak ini adalah calon pemimpin generasi penerus dimasa datang, mereka kita siapkan tidak hanya cerdas, pintar dan memiliki ilmu pengetahuan teknologi, namun yang tak kalah penting menanamkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT,”ungkap Wawako.

Lanjutnya, anak-anak inilah yang akan memberikan warna kedepannya. Karena, ditangan mereka inilah bentuk dan corak warna dari bangsa dan negara tercinta.

“Apabila mereka memliki pengetahuan tinggi, cerdas , pintar serta berakhlak Karimah, kita tidak tidak ragu lagi untuk menitipkan bangsa dan negara ini ditangannya,”katanya.

Lebih lanjut, Wawako menyampaikan kegiatan ini juga sangat bermanfaat dalam membangun SDM.

“Pemerintah Kota Lubuklinggau, tidak hanya membangun Infrastruktur saja, tentunya juga mental spiritual salah satunya yang dilaksanakan KKG PAI ini. Jadi kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk panitia pelaksana,”tutupnya. (Nyt)