15 Kades Hadiri Munas Apdesi dan Seminar Nasional

MUSI RAWAS – Kepala Desa Mandi Aur Kecamatan Muara Kelingi, Dodi Johan menghadiri acara musyawarah nasional (Munas)  IV Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Jakarta.

Kades Mandi Aur, Dodi Johan ketika berselfie dalam ruangan GOLDEN BOUTIQUE HOTEL JL. Angkasa No. 1 Gunung Sahari Jakarta Pusat. Dirinya bersama 14 Kades lainnya mengikuti Munas Apdesi dan Seminar Nasional. (Ist)

Hal ini dibenarkan Dodi Johan ketika dihubungi Bintang Informasi, Sabtu (18/2021).

“Benar saya lagi di Jakarta menghadiri Munas Apdesi,”ungkapnya.

Dodi Johan tidak sendiri, ada 14 Kepala Desa lain yang ikut hadir, Kades Petunang, Kades Muara Beliti Baru, Kades Mulyo Harjo, Kades Donorejo, Kades Sukarena, Kades Tri Karya, Kades Sukaraya, Kades Babat, Kades Taba Gindo, Kades Mekarsari, Kades Sukarami Jaya, Kades Widodo, Kades Binjai dan Kades Temuan Jaya.

Kehadiran 15 Kades di Munas ini merupakan perintah dari Bupati Musi Rawas tertuang dalam surat perintah tugas nomor : 090/315/I/DPMD/2021.

Ditanya apa agenda dalam Munas tersebut. Dodi yang merupakan Ketua Apdesi Kabupaten Mura ini menjelaskan bahwa Munas akan melaksanakan pemilihan Ketua Apdesi baru untuk periode 2021-2026.

Ditambahkannya, Munas dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri H Tito Karnavian. Kegiatan turut diisi dengan Seminar Nasional. Sebagai pemateri ada Ketua MPR RI, H Bambang Soesatyo mengisi materi tentang “Mengokohkan 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara sebagai Komitmen Kebangsaan”.

Kemudian, materi “Kebijakan Nasional Dalam Percepatan Pembangunan Desa Menuju Desa Maju dan Mandiri” Pemateri merupakan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Dr H A Halim Iskandar.

Selanjutnya, Pemateri dari Ketua DPD RI, LaNyala Mahmud Mattaliti mengisi materi tentang “Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dalam Pembangunan Daerah dan Desa”.

Acara Munas dan Seminar Nasional tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

“Oh ya, pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan secara ketat,”Pungkas Dodi.(eju)