Bantu Pelaku Usaha Kecil/Rumahan Kembali Memulai Usaha

*Bupati Berikan Bantuan UEP Kepelaku Usaha Rumahan

MUSI RAWAS- Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud secara langsung memberikan bantuan hibah barang atau usaha ekonomi produktif (UEP) kepada pelaku usaha rumahan yang terdampak covid-19, Senin (1/10/2021) di Balai Latihan Kerja (BLK) Muara Beliti.

Bantuan berupa perlengkapan usaha tersebut diberikan kepada 110 warga yang merupakan pelaku usaha rumahan atau pelaku usaha kecil yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan, pandemi covid-19 berdampak serius terhadap kelangsungan usaha kecil baik dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga permintaan pasar. Pandemi juga mengakibatkan perlambatan pertumbuhan ekonomi daerah dan penurunan penerimaan daerah.

Dalam rangka mempercepat penanganan penurunan angka kemiskinan dan mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi, Pemkab Mura telah menyiapkan alokasi anggaran bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2021.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan membawa berkah sesuai misi Bupati Mura menuju Mura Mantab. Bantuan ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang mempunyai usaha kecil/rumahan agar dapat memulai kembali usahanya dimasa new Normal ini,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Mura, Agus Susanto mengatakan, bantuan tersebut diberikan menindak lanjuti  himbauan dari pemerintah pusat dalam rangka penanganan pasca pandemi covid-19.

“Bantuan ini juga untuk membantu masyarakat miskin yang mempunyai usaha kecil atau rumahan agar dapat memulai kembali usahanya dimasa new Normal,” kata Agus.

Dikatakannya, bantuan hanya di berikan kepada masyarakat yang sudah mempunyai usaha kecil-kecilan dan diutamakan masuk dalam DTKS atau yang terdampak covid-19 juga dari juga masyarakat Disabilitas .

“Jumlah penerima sebanyak 100 orang untuk bantuan UEP dan 10 orang dari Pokok pikiran DPRD Kabupaten Mura yang berasal dari 14 Kecamatan. Untuk bantuan sendiri dalam bentuk peralatan dan bahan pendukung usaha seperti kompor gas ,tabung gas, panci, kuali, piring , gelas, sendok, blender, mixer dan peralatan lainnya serta bahan sembako,” ungkapnya. (Ok)