BPBD Musi Rawas Pantau Debit Air, Antisipasi Banjir

MUSI RAWAS- Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Musi Rawas (Mura) beberapa hari terakhir mengakibatkan potensi terjadinya banjir. Khususnya di beberapa Kecamatan yang menjadi langganan banjir dimana salah satunya adalah Kecamatan STL Ulu Terawas.

Guna mengantisipasi hal tersebut Minggu (26/9/2021) Plt. Kepala Pelaksana BPBD Mura H. Darsan melaksanakan pengecekan dan monitoring ke beberapa lokasi yang menjadi langganan banjir tersebut.

Menurut Darsan dari hasil monitoring yang dilakukan oleh BPBD saat ini kondisi air di beberapa sungai yang biasanya menjadi salah satu sumber terjadinya musibah banjir mengalami kenaikan debit air, diantaranya

Sungai Kelingi mengalami kenaikan. Namun belum memasuki pemukiman masyarakat dan kondisinya masih dalam keadaan normal.

Kemudian, kondisi air Sungai Lakitan di Kecamatan Selangit mengalami kenaikan dan menggenangi jalan penghubung di Desa Taba Gindo Kecamatan Selangit. Dimana, kondisi air sungai Bal di Desa Pasenan Kecamatan Stl Ulu Terawas mengalami kenaikan dan menggenangi jalan penghubung Desa.

Hanya saja, kendati keadaan debit air sungai masih dalam keadaan normal, akan tetapi saat ini TRC BPBD Mura bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan debit air. Termasuk, berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk melakukan pendataan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada dan siaga bila hujan kembali turun.(Adv)