Bupati : BUMDes Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Desa

*Bimtek Pengembangan UEP dan BUMDes

MUSI RAWAS – Meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) melaksanakan bimbingan teknis pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan tata kelola keuangan BUMDes bagi seluruh Desa di Kabupaten Mura tahun 2021.

Bupati Kabupaten Musi Rawas, Hj Ratna Machmud.

Kegiatan dibuka langsung Bupati Mura, Hj Ratna Machmud tersebut dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Bandung Provinsi Jawa Barat, Senin (18/10). Hanya saja, untuk pelaksanaanya dilaksanakan dua gelombang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Pemerintahan Desa Kemendagri, Irsan, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, beserta jajarannya dan Kepala OPD, Camat, Ketua Apdesi Mura,Dodi Johan dan Kepala Desa (Kades) di lingkungan Pemkab Mura.

Dalam sambutannya, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan, pendirian BUMDes, untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi desa, diantaranya adalah meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Pendirian dan pengelolaan BUMDesa juga wujud dari pengelolaan ekonomi produksi desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisipatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan berkelanjutan. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDesa, hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional,” kata Bupati.

Lanjutnya, pembangunan ekonomi harus dimulai dari Desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu harapannya, pertumbuhan BUMDdes harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota.

“Kehadiran BUMDes Mart akan menjadi bisnis yang berpihak pada masyarakat kecil pedesaan, karena BUMDes Mart memang lahir untuk menjadi usaha milik warga. Saya berharap BUMDes Mart akan memacu geliat ekonomi masyarakat dan menghargai produk lokal, sebagai potensi yang harus dikembangkan. Semoga BUMDes Mart Kabupaten Mura sukses dan membawa berkah bagi semuanya,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Bupati Bandung, Dadang Supriatna memberikan apreasi Kepada Bupati Mura, karena Bimtek ini langsung menghadirkan para Camat. Kemudian, yang terpenting BUMDes mampu menggali dan mengelola potensi yang ada di Desa.

“Sehingga mempunyai nilai ekonomis dan menghasilkan income yang besar bagi desa itu sendiri,” kata Dadang.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Pemerintahan Desa Kemendagri, Irsan mengatakan, dengan adanya kegiatan Bimtek ini, tentu sangat membantu pemerintah pusat. Sebab, jika harus dilaksanakan menggunakan APBN tentu tidak akan selesai hingga satu atau dua tahun.

“Kami mendorong Pemda baik Kabupaten, Provinsi maupun Desa untuk melakukan peningkatan kapasitas seperti kegiatan ini. Apalagi, peningkatan kapasitas ini menjadi prioritas oleh Presiden,” ucapnya.

Apalagi ini pelatihan BUMDes, sehingga Desa bisa menggali PAD yang sebesar-besarnya. Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, maka Desa dituntut harus bisa mandiri dan tidak hanya bergantung dengan dana desa (DD).(ok)