Danau Moyan Bakal Dijadikan Wisata Air

MUSI RAWAS- Dinilai memiliki potensi yang baik, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas, akan melakukan pengembangan Danau Moyan di Desa Sumber Asri Kecamatan Sumber Harta.

Kabid Objek Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Mura, Widia. 

Danau ini, direncanakan akan menjadi wisata air, didalamnya ada permainan banana boat, parasailing, bola air dan jet ski.

“Kami sudah melakukan peninjauan ke Danau Moyan di Desa Sumber Asri, rencana kita nanti akan dikembangkan, karena potensinya cukup baik,” kata Kepala Disbudpar Mura, Samsul Joko melalui Kabid Objek Wisata Widia, Senin (8/11/2021).

Menurut Widia, penataan Danau Moyan lebih mudah dilakukan, karena bentuknya yang masih alami. Hanya saja, untuk pengembangannya akan dilakukan secara bertahap, mengingat keterbatasan anggaran yang ada.

“Wisata air ini di Kabupaten Mura belum ada, sehingga jika ini terlaksana, maka wisatawan yang datang akan sangat banyak bahkan bisa saja dari luar Kabupaten Mura. Karena baik banana boat, parasailing, bola air dan jet ski ini belum ada di Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Rencana tersebut awalnya akan dikembangkan di objek wisat Danau Aur, namun melihat kondisi Danau Aur yang sudah ramai, sehingga tidak memungkinkan lagi.

“Tapi semuanya butuh kajian-kajian, mulai dari kedalaman danau, binatang air yang ada untuk memastikan keamanan dan keselamatan, termasuk juga pelibatan pihak lainnya seperti BPD dan Polisi Air,” ungkapnya. (Ok)