Demi Mencapai Herd Immunity, Pelajar SMAN 4 Lubuklinggau Divaksin

LUBUKLINGGAU – Pelajar UPT SMAN 4 Kota Lubuklinggau menjalani vaksin tahap pertama, Selasa (14/9/2021).

Vaksin ini kerjasama dengan Polres Kota Lubuklinggau, vaksin dilaksanakan di SMAN 4 Lubuklinggau.

Kepala SMAN 4 Erwin Susanto kepada Bintang Informasi mengatakan target yang diberikan pihak kepolisian 1000 vaksin. Sehingga selain pelajar mereka berjumlah 816,vaksin juga diberikan kepada anak guru, warga sekitar dan beberapa pegawai Hotel Dafam.

“Untuk pelajar kita ada beberapa yang sudah divaksin, karena orang tua mereka sudah melapor langsung ke saya, jadi bagi yang sudah,tidak divaksin lagi,”kata Erwin.

Menurut Erwin,  vaksinasi covid-19 bagi remaja harus disegerakan agar tak ada lagi kalangan pelajar yang tertular corona. Namun, para pelajar yang telah disuntik serum anti corona tidak boleh lengah. Pelajar tetap wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk tetap sehat dan tidak terpapar covid-19, ya harus disiplin prokes. Ini yang penting,” kata Erwin.

Langkah vaksinasi ini juga upaya mencapai Herd immunity yakni ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

“Kita ingin kehidupan dapat kembali normal seperti dulu lagi, tidak ada rasa was-was dalam beraktivitas, semoga vaksinasi ini menjadi salah satu jalan untuk mencapai kenormalan itu,”jelasnya.

Sementara itu Camat Lubuklinggau Selatan 2 Aank mengimbau kepada pelajar untuk jangan takut jangan ragu untuk divaksin karena untuk kesehatan semua.

“Pelajar juga merupakan ujung tombak dalam rangka meminimalisir penyebaran covid, jadi sangat perlu divaksin. Meski begitu setelah divaksin tetap mematuhi 3M,”ujar Aank.

Sementara itu Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono saat diwawancarai mengatakan vaksin yang digunakan yakni vaksin merdeka sinovac dan vaksinasi akan terus digalakkan sampai semua pelajar di Lubuklinggau mendapatkan vaksin.

“Alhamdulillah stock vaksin terus mencukupi . Dengan vaksin ini kita harapkan pelajar dapat ikuti dengan baik sehingga herd imunity kita tercapai,”pungkasnya. (eju)