Dihadapan Gubernur, Hasbi Asadiki “Lantang Suarakan” Kondisi Covid di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari Fraksi Partai Golkar Hasbi Asadiki lantang menyuarakan kondisi Lubuklinggau di hadapan Gubernur Sumatera Selatan.

Legislator, asli dari Lubuklinggau ini, angkat bicara terkait situasi Covid-19 di bumi berslogan Sebiduk Semare usai paripurna membahas perubahan RPJMD.

Dihadapan Gubernur H Herman Deru, Ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD, Hasbi Asadiki menjelaskan di Sumatera Selatan ada daerah penyangga yang mesti menjadi perhatian terkhusus nya Kota Palembang dan Kota Lubuklinggau.

Sebagai Wakil Rakyat, Hasbi menjelaskan situasi kondisi covid-19 di Lubuklinggau saat ini. Bahwa situasinya sangat mencekam bagi masyarakat.

“Ketakutan dimana-mana, karena kondisi rumah sakit tidak menerima lagi pasien yang ada di Lubuklinggau,”kata Hasbi yang pernah menjabat ketua DPRD Kota Lubuklinggau ini.

Ia menambahkan, di Lubuklinggau ada empat daerah penyangga yang masuk ke Lubuklinggau, yakni Empat Lawang, Musi Rawas, Muratara dan Rejang Lebong. Semua rumah sakit penuh ditambah tidak ada oksigen.

“Sekarang tenda tenda berdiri di depan rumah sakit,”bebernya.

Hasbi meminta Gubernur, dapat menurunkan Dinas Kesehatan provinsi, turun langsung kelapangan. Karena ada beberapa kebutuhan daerah yang memang harus jadi perhatian semua pihak. Seperti kebutuhan oksigen, dimana pasien berebutan untuk mendapatkan oksigen.

“Kalau dilepas, tinggal tunggu waktu, ninggal mereka pak Gubernur,”beber Hasbi.

Suami Rika Jamal ini mengaku, dirinya baru pulang dari Lubuklinggau, dan menjelaskan bahwa ada Rumah Sakit Petanang yang dibantu provinsi lima tahun lalu, dan akan dibangun langsung oleh walikota Lubuklinggau menjadi rumah sakit khusus covid. Hal ini dikarenakan rumah sakit lainnya sudah penuh dengan pasien. Padahal di rumah sakit ada Poli Umum yang khusus untuk memberikan pelayanan pasien yang lain.

“Sekarang masyarakat, kalaupun ingin meninggal cukup dirumah, takut semua ke rumah sakit pak Gubernur,”ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak, untuk memberikan dorongan semangat kepada masyarakat bahwa masih pemerintah provinsi siap dalam menyiapkan kondisi tabung oksigen.

Dalam kesempatan tersebut, Hasbi Asadiki juga menyentil langkah dilakukan Gubernur H Herman Deru yang menyuplai oksigen ke Provinsi Jawa Barat. Padahal di daerah di Sumatera Selatan sangat butuh oksigen.

“Kita mohon perhatiannya semua, bahwa ini dapat menjadi perhatian khusus di daerah Sumatera Selatan,”tegas Hasbi.

Hasbi menambahkan, Rs Siti Aisyah Lubuklinggau ada kebutuhan untuk membangun rumah sakit covid memerlukan 44 Bad ,dua Ventilator dan dua Hebavior.

Ia juga menyinggung untuk bantuan sosial. Dimana bansos ini dapat menjadi keinginan Gubernur untuk dapat turun ke daerah.

“Mungkin ini yang dapat kami sampaikan pak Gubernur, dan pimpinan DPRD, Terimakasih,”pungkasnya. (01)