Entaskan Kemiskinan Melalui Program SMP

MUSI RAWAS- Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud mengikuti launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga secara berkelanjutan, yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (2/12/2021) di Auditorium Kantor Bupati Mura.

Diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Lahat yang langsung dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru.

Tak hanya itu, dalam moment yang bersamaan, perempuan nomor satu di Kabupaten berselogan Bumi Lan Serasan Sekantenan ini juga memberikan bantuan berupa benih ikan, bibit tanaman seperti cabe, timat, bayam, kangkung dan lainnya secara simbolis oleh masyarakat.

Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengaku siap mendukung program Gubernur Sumsel tentang Gerakan SMP di Provinsi Sumsel, yang akan diterapkan di seluruh Desa dan Keluarahan di Kabupaten Mura.

“Untuk sekarang baru satu Desa di setiap Kecamatan. Tahun depan minimal 50 persen disetiap Kecamatan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, program tersebut sangat baik, karena sasaran utamanya adalah warga kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Melalui program SMP ini, setidaknya warga tidak lagi pusing memikirkan sayur dan lauk untuk keluarganya.

“Minimal bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk keluarganya. Nanti orang miskin, akan kita bantu baik bantuan benih ikan, bibit sayur-sayuran. Sehingga untuk keperluan keluarganya tidak lagi pusing,” ungkap Bupati. (Ok)