Iklim Tak Menentu, Waspadai Banjir

MUSI RAWAS- Iklim yang tak menentu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas, menghimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir.

“Sekarang ini iklim yang terjadi di Mura tidak menentu, kadang panas kadang hujan lebat. Untuk itu, dihimbau warga agar waspada banjir,” kata Kepala BPBD Mura, H Darsan didampingi Kasi Logistik dan Kedaruratan, Eko Sepriwan.

Bahkan lanjut dia, setiap harinya, BPBD selalu menurunkan personil, untuk melakukan monitoring volume air sungai. Hanya saja, untuk saat ini kondisi sungai masih normal.

“Setiap hari monitoring sungai, karena iklim tidak menentu sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi banjir. Jadi kami harap kepada warga agar melapor ketika ada banjir,” ucapnya.

Dengan adanya laporan dari warga, maka BPBD bisa melakukan penanganan untuk mengurangi dampak kerugian, baik jiwa maupun materi.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran sungai (DAS) agar mengurangi aktivitas di sungai, karena sewaktu-waktu bisa terjadi banjir bandang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, BPBD juga meminta kepada masyarakat agar selalu update perkiraan cuaca di Kabupaten Mura, melalui akun resmi BPBD Kabupaten Mura, baik di Facebook maupun lainnya. (Bi)