Ini Cabang Lomba Dalam Peringati HUT PGRI dan HGN

LUBUKLINGGAU-Peringatan HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional semakin meriah dengan adanya perlombaan baca puisi tingkat SD dan vlog tingkat SMP dan SMA.

Ketua PGRI Lubuklinggau Erwin Susanto melalui Sekretaris Panitia Agus Salim menyebutkan rangkaian peringatan HUT PGRI dan HGN dimulai pada 8 hingga 30 November 2021. Yang mana dari 8 hingga 23 November, waktu untuk lomba baca puisi dan vlog dan pada 23 November itu juga dilakukan seminar konseling.

Agus juga menjelaskan, untuk ketentuan lomba vlog tingkat SMA yakni peserta maksimal 1 orang dari setiap sekolah, tema yang diangkat terkait “Sekolah Motivasi ku”. Kemudian, vlog direkam melalui smartphone (HP) dengan revolusi 1280×720 pixel boleh melakukan pengeditan dan lokasi pengambilan vlog harus dilingkungan sekolah.

Durasi vlog yang dibuat maksimal 7 menit dan tidak mengandung unsur penghinaan terhadap sara, pornografi, radikalisme atau nilai yang melanggar aturan/norma/hukum yang berlaku.

“Vlog harus bersifat rasional, belum pernah diikutsertakan dalam lomba serta isinya menjadi tanggung jawab peserta. Video yang dikirim juga dalam bentuk link dari google drive dan paling lambat pengiriman nya 23 November 2021 pukul 23.55WIB,”ungkapnya

Lanjutnya, hasil vlog yang didaftarkan menjadi hak milik panitia penyelenggara sepenuhnya dan tidak dapat digunakan untuk keperluan publik tanpa persetujuan peserta. Format pengiriman nama file yakni Vlog-SMAN90/SMKN90/MAN90-Nama siswa.

“Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.Aspek penilaian meliputi kesesuaian ide vlog dengan Tema, nilai motivasi dan inspirasi positif, penyampaian pesan yang muda diterima serta teknis yakni alur dan editing,”jelas nya.

Kemudian ketentuan lomba vlog tingkat SMP sama halnya dengan tingkat SMA hanya tema dan format pengirimannya saja beda. Dimana temanya “Sekolah Kreatif dimasa Pandemi”, sedangkan format filenya Vlog-SMPN90/Nama siswa.

Tambahnya, begitu juga untuk ketentuan lomba Baca Puisi tingkat SD hampir sama dengan lomba vlog. Hanya saja, video dan audio tidak boleh diedit, lokasi pengambilan gambar video bebas dengan durasi 5 menit meliputi persiapan dan penampilan, dan tidak perlu diberikan diberikan judul. Untuk format pengiriman nama filenya PUISI-SDN90-Nama siswa, dan untuk materi puisinya judulnya Terima Kasih Guruku dan Bintang.

“Penilaiannya meliputi penjiwaan/penghayatan, vocal (artikulasi, intonasi, karakter suara dan tempo), kekuatan (power) suara, gerak (mimik, gestur) serta totalitas (penyajian secara lisan, ekspresi, fisik dan keutuhan,” jelasnya.

Selanjutnya pada 26 November 2021, dilakukan bhakti sosial ke Panti Asuhan dan Panti Jompo Budi Luhur yang berada di Kayu acara.

“Untuk acara puncaknya sendiri pada 30 November 2021 di Gedung Guru yang juga diisi dengan penandatangan MOU dengan penasehat hukum, pemberian santunan ke pensiunan serta pemberian penghargaan bagi pemerhati pendidikan,”tutupnya. (Nyt)