Luar Biasa, Pelajar Mansadel Melenggang ke Nasional

LUBUKLINGGAU-Luar biasa, MAN 1 Lubuklinggau (Mansadel) semakin berprestasi. Dimana salah seorang anak didiknya, atas nama Naufal Aulia Praman melenggang ke nasional dalam kegiatan Kompetisi Sains Nasinonal (KSN).

Naufal, pelajar yang tengah duduk dibangku kelas XII ini merupakan salah satu dari dua orang perwakilan dari Lubuklinggau yang akan mewakili Provinsi Sumatra Selatan mengikuti KSN nasional yang rencananya akan dilaksanakan pada November mendatang.

Kepala MAN 1 Model Lubuklinggau, Taslim mengaku bersyukur salah satu anak didiknya berhasil meraih prestasi dalam KSN tingkat provinsi, dan akan mengikuti KSN tingkat nasional.

Dirinya menyebutkan, ini merupakan sesuatu yang bersejarah. Karena sepengetahuannya, prestasi yang sering diraih Mansadel untuk KSN itu hanya ditingkat Kota dengan juara umum. Sedangkan untuk bersaing di Provinsi itu bisa karena cukup berat, mengingat banyak Madrasah dan Sekolah yang bagus di Sumsel.
“Alhamdulillah, ini tahun sangat bersejarah dan akan menjadi sejarah. Mudah-mudahan bisa menjadi penyemangat kami untuk kedepannya, kembali berprestasi dan mewakili Sumsel ketingkat nasional,”ungkap Taslim

Ia menyampaikan, ini merupakan target mereka sejak dulu, untuk dapat masuk menjadi peserta KSN nasional. Jika tahun ini hanya mata pelajaran ekonomi, kedepannya Taslim mengharapkan untuk mata pelajaran lain juga bisa mengikuti jejak tersebut.
“Kalau KSM kita sudah sering ke nasional dan meraih prestasi. Tapi untuk KSN, ini yang pertama, semoga bisa meraih juara nantinya,”harapnya.

Lebih lanjut, untuk ketingkat nasional pihaknya akan melakukan pembimbingan yang lebih intensif lagi, karena bersaing di Provinsi saja sudah berat apalagi ke nasional tentu lebih berat. Tentu, ia akan mempersiapkan sebaik mungkin supaya pelajarnya bisa memberikan prestasi yang terbaik untuk Madrasah ditingkat nasional.

“Terima kasih pada pembimbingan dan pembina sudah membimbing anak-anak. Begituh juga pada guru dan para pelajar, yang sudah memberikan doa,”ujar Taslim.

Kemudian, Lusi Nopita selaku pembina menambahkan akan melakukan bimbingan lebih giat lagi, dengan membahas materi dan soal kisi-kisi nasional.
“Bimbingan ini dilakukan secara daring dan tatap muka. Jika pada saat daring, ada yang kurang paham bisa langsung chat pembina,”tambanya.

Sementara itu, Naufal sangat bersyukur bisa meraih juara di Provinsi yang akan melanjut ke nasional. Di Provinsi sendiri, Naufal berhasil meraih Juara II sedangkan ditingkat Kota Lubuklinggau Juara I.

“Untuk kenasional tentunya akan banyak belajar, baik itu bersama pembimbing, mengikuti pelatihan secara online bahkan belajar mandiri di Rumah,”ungkap pelajar yang juga berhasil meraih Juara Harapan III dalam KSM tingkat Provinsi tersebut.(nyt)