Melalui Musrenbang, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

MUSI RAWAS- Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas, Hj Suwarti Burlian membuka langsung kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan STL Ulu Terawas, Senin (07/02/2022) di Aula Kecamatan.

Hadir dalam acara tersebut, Camat STL Ulu Terawas, Ruring Alfonso Ompu, Tim Percepatan Pembangunan Bupati Bidang Pemerintah Desa, Elfaria, serta jajaran OPD dan Unsur Forkompincam.

Camat STL Ulu Terawas, Ruring Olfonso Ompu mengatakan, di Kecamatan STL Ulu Terawas sendiri terdapat 12 Desa dan 1 Kelurahan, dan semua Desa dalam status berkembang.

“Usulan hasil Musrenbang Desa dan Kelurahan sudah diinput ke SPID,” katanya.

Dia mengaku, banyak usulan yang disampaikan, namun masih banyak yang belum diusulkan. Untuk itu, dia berharap adanya arahan dari setiap OPD, sehingga semua harapan bisa terealisasikan semua harapan masyarakat.

Sementara itu, Wabup Mura, Hj Suwarti mengatakan, Musrenbang ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan, dan lanjutan dari Musrenbangdes dan Kelurahan, sehingga diketahui apa yang menjadi prioritas untuk pembangunan di 2023.

“Nanti, apa yang telah Kades dan Lurah sampaikan, berdasarkan Musrenbangdes dan Musrenbanglur, akan dilakukan, namun tetap dengan skala prioritas,” ucapnya.

Wabup menegaskan, apa yang menjadi skala prioritas adalah pembangunan untuk kepentingan masyarakat di Desa dan Kelurahan, bukan untuk kepentingan pribadi, karena tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya seremonial, tapi harus terwujud dan menghasilkan kesepakatan dalam hal penentuan program dan prioritas di Kecamatan STL Ulu Terawas,” ungkapnya.

Ada tiga program prioritas, yakni insfrastruktur dan pengurangan kemiskinan jadi prioritas, serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari anak sekolah.

“Daya mengajak masyarakat bersatu padu, menyatukan langkah dalam bekerja untuk mewujudkan Mura Mantab,” pungkasnya. (bi)