“Membumikan” Olahraga Petanque

LUBUKLINGGAU – Hampir masyarakat luas belum begitu banyak mengetahui olahraga petanque yang berasal dari Negara Prancis ini.

Khusus warga Lubuklinggau dan sekitarnya jika ingin mengetahuinya dapat hadir langsung ke Gor Megang hari Selasa dan Sabtu, dan di TOS hari Jumat, karena penggemar olahraga ini, latihan tiga kali dalam seminggu.

 

“Untuk dikanca internasional Petanque, sudah lama dikenal, bahkan sudah diperlombakan,”kata Pelatih Petanque Lubuklinggau,Lesy ketika diwawancari Bintang Informasi,Jumat (16/7/2021).

Di Indonesia, olahraga ini mulai dikenal pada 2012, khusus di Sumatera Selatan sendiri sudah 6 Kota/Kabupaten telah mengenal petanque.

“Bahkan sudah ada perlombaannya,”terang Lesy.

Olahraga satu ini terlihat mudah,dimana pemain hanya harus mendekatkan bola dengan bola, bosi. Dalam aturannya pemain mesti mengumpulkan poin sampai 13.Uniknya, olahraga satu ini tidak mengenal batasan umur, semua bisa melakukan.

Petanque Kota Lubuklinggau diketuai oleh Rachmat Hidayat atau Yoppi Karim, kemudian dibantu Prima dan dirinya sendiri sebagai pelatih.

“Olahraga ini asik, semoga saja kedepan dapat membumi dan dikenal banyak masyarakat,”harapnya.(04)