Mura Raih Penghargaan Kapabilitas APIP Level Tiga

MUSI RAWAS- Inspektorat Kabupaten Musi Rawas, meraih penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level tiga dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penyerahan piagam penghargaan tersebut disampaikan Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Sumatera Selatan (Sumsel), Buyung W Samudro dan diterima Wakil Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Senin (9/11/2021) di Auditorium Kantor Bupati.

Kaper BPKP Sumsel, Buyung W Samudro mengatakan, penghargaan ini sebagai pengakuan sebagai Inspektorat. Dimana Inspektorat ini ada tingkatan kemampuan kapabilitasnya.

“Dengan penghargaan ini, artinya Inspektorat Kabupaten Mura ini sudah diakui dari berbagai saringan, tes dan dilihat dari kemapuan baik secara individu dan organisasinya sudah mampu,” katanya.

Level tiga ini belum menjadi yang tertinggi. Sebab level tertingginya adalah level lima, dan di dunia ini belum ada yang sampai itu.

Dia berharap, kedepan prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan agar bisa naik ke Level empat, sehingga Inspektorat bisa menjadi mitra strategis Kepala Daerah, dan bisa memberikan masukan daerah dalam membuat kebijakan.

“Tapi level tiga sidah bagus dan standar yang kita kejar di Indonesia. Di level ini, Inspektorat juga sudah bisa menjadi mitra, namun kedepannya diharapkan menjadi mitra strategis. Itu yang kita harapkan,” ungkapnya.

Dia mengaku, untuk di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah ada 6 Kabupaten/Kota yang meraih Level Tiga, termasuk Kota, Lubuklinggau, Mura, OKI, Palembang dan Lahat. Artinya masih sepertiga lagi, sebab di Sumsel ini terdapat 18 Kabupaten/Kota.

“Kita maunya semua Kabupaten/Kota ini punya Inspektorat yang baik untuk mengawal daerah kita,” tegasnya.

Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti mengatakan, tata kelola pemerintah yang lebih akuntabel dan transparan akan dapat dicapai jika seluruh jajaran pimpinan instansi pemerintah dapat menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban secara tertib, terkendali, efektif dan efisien. (Ok)