Optimis, Musi Rawas Mantab Terwujud di Purwodadi

PURWODADI- Pemerintah Kecamatan Purwodadi, sukses melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022, untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2023, Senin (14/02/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Purwodadi, dan dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura, H Aidil Rusman.

Dalam Musrenbang tersebut juga dihadiri seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Mura, Kepala Desa (Kades), Lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta organisasi masyarakat se-Kecamatan Purwodadi, dan unsur tripika.

Dalam sambutannya, Camat Purwodadi, Erman Hari Rustama mengatakan, di tahun 2022 ini, Kecamatan Purwodadi mendapat alokasi bantuan seragam sekolah gratis untuk anak SD sebanyak 484 setel, dan bantuan kematian dari 110 usulan sudah terealisasi sebanyak 94 usulan. Bahkan, dimana bantuan-bantuan tersebut langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Tak hanya itu, di 2022 ini, Kecamatan Purwodadi juga mendapat alokasi pembangunan hingga mencapai Rp8,5 Miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp6 Miliar.

“Artinya ada peningkatan pembangunan. sampaikan ucapan terimakasih kami untuk Bupati,” ucap Camat.

Menurutnya, titik awal perencanaan pembangunan yang bersumber dari APBD ada pada Desa melalui Musyawarah Desa (Musdes) ataupun Musyawarah Kelurahan, yang kemudian dientry melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Saat ini kewenangan untuk mengatur pembangunan di desa terbuka luas untuk Kades, baik DD maupun melalui APBD. Artinya negera memberikan kepercayaan kepada Kades untuk membangun desanya masing-masing,” ucapnya.

Bahkan di tahun ini, seluruh desa akan memasang CCTV Mandiri Terkoneksi di 9 desa. Dimana mandiri artinya desa yang menganggarkan, terkoneksi artinya bisa saling melihat antar desa. CCTV Mandiri tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Orari (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia).

“Kami mencoba mewujudkan Mura Mantab. Maju dengan memanfaatkan teknologi untuk keamanan desa, Mandiri dengan kami berusaha untuk menyelesaikan permasalah dibidang keamanan. Tapi kami belum Bermartabat, karena Dua Kelurahan dan Kecamatan belum dapat mengikuti program CCTV Mandiri Terkoneksi,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, Pemerintah Kecamatan Purwodadi bersama Kades dan Lurah siap berkontribusi bersama-sama mewujudkan Mura Mantab, dengan kebersamaan insyaAllah akan terwujud persatuan, tanpa ada kebersamaan tidak akan ada persatuan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura, H Aidil Rusman mengatakan, dengan dilaksanakan Musrenbang ini kita bisa bersama sama memberikan pemikiran, usulan, program kegiatan sebagai bahan penyusunan RKPD 2023.

“Kami harap Musrenbang ini tidak hanya sekedar seremonial belakang, tapi betul-betul bisa menghasilkan kesepakatan terutama dalam hal penentuan program kegiatan yang prioritas di Kecamatan Purwodadi,” jelasnya.

Musrenbang ini merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan, yang diawali dari Musdes dan tingkat Kecamatan selanjutnya ditingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Nanti akan ada forum konsultasi, dan forum publik. Dimana OPD akan menerima usulan dari masyarakat yang disampaikan. Kemudian dimasukan ke RKPD 2023.

“Perencanaan pembangunan makin kedepan selalu dilakukan penyempurnaan, baik efektif ataupun transparan. Dulu pakai e-Pelning sekarang SIPD, dan Kades yang mengusulkan program harus mengentri ke SIPD,” pungkasnya. (bi)