Panen Cung, Bupati Mura Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

MUSI RAWAS- Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman obat keluarga (TOGA).

Hal ini diungkapkan Bupati, ketika usai melakukan panen perdana Tomat, Terong, Kacang Panjang di Kebun Toga PKK Kabupaten Mura, Senin (13/9/2021).

“Buah yang kita panen ini luar biasa, ada tomat/cung, terong panjang, kacang panjang, saya apresiasi apa yang sudah dilakukan Ibu Ibu PKK Kabupaten Mura,”kata Bupati.

Hal ini, lanjut Bupati dapat dicontoh oleh masyarakat setiap kecamatan perdesaan untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam toga.

“Saya sering lihat, masyarakat desa kita kalau ke kota, pulang nya bawa sayur, seharusnya, dari desa kita bawa sayur ke kota kita jual, pulangnya bisa bawa TV atau kulkas,”ujar Bupati.

Dirinya menyayangkan, di desa masih banyak lahan atau pekarangan rumah tidak dimanfaatkan,untuk itu Bupati menyarankan Dinas Pemerintah Desa (PMD) untuk mengarahkan Kepala Desa kedepannya, menyarankan masyarakat mulai menanam Toga.

“Mulailah untuk memanfaatkan pekarangan rumah, tanami dengan sayur sayuran, arahkan kades menyarankan kepada masyarakat kita,” Ungkap Bupati.

Turut hadir diacara tersebut, Kadis Pertanian Zuhri Syawal, Wakil Ketua PKK Mura, Yeni Edi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hayatun, Kepala Dinas PMD Mura, Ahmad Ahmadi Zulkarnaen.(eju)