Pantau KBM Melalui CCTV

LUBUKLINGGAU-Setiap ruang kelas SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo sudah terpasang CCTV. CCTV tersebut langsung terkoneksi ke handphone kepala sekolah, sehingga dirinya dapat memantau semua kegiatan di kelas.

Kepala SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo H. Yusep Mubarok menjelaskan dipasangkannya CCTV tersebut untuk memantau ataupun memonitoring kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Seperti dikondisi pandemi ini, bagaimana tempat duduknya, berjarak atau tidak.

“Jadi walaupun saya berada diruang kepala sekolah ataupun dinas luar, masih dapat memantau KMB dimasing-masing kelas melalui CCTV,”ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga dapat melihat keaktifan guru saat mengajar serta sikap siswa saat dikelas. Dan CCTV tersebut, sudah terpasang sejak akhir tahun 2020.

“Dengan ini juga meningkatkan mutu pendidikan, menerapkan disiplin guru dalam melaksanakannya tugasnya. Juga untuk Ketertiban siswa, baik dalam menjaga protokol kesehatan maupun lainnya,”jelas Yusep.

Selain memasangkan CCTV, Yusep menyampaikan pihaknya juga akan menerapkan absensi pelajar dengan finger print. Namun itu belum berlaku untuk sekarang, menunggu situasi sudah lebih baik.
“Ini belum kita terapkan, masih melihat kondisi boleh atau tidaknya untuk itu. Tetapi untukĀ  fingerprintnya sudah siap, baik untuk absen datang maupun pulang,”ujar Yusep.

Untuk kedepannya, lebih lanjut Yusep menyampaikan absensi tersebut akan terkoneksi dengan orangtua. Sehingga mereka (orangtua,red) bisa mengetahui waktu kehadiran anaknya di sekolah.

“Dengan ini, kami ingin meningkatkan disiplin. Karena kualitas pendidikan itu diawali dengan disiplin, baik itu kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan siswanya,”tegasnya.(nyt)