PAUD Terpadu Sehati Lakukan Parenting

Musi Rawas – Menjelang tahun ajaran baru, PAUD Terpadu Sehati melaksanakan kegiatan parenting bersama orang tua anak didiknya di tempat rekreasi kolam renang H Wukirsari pada Jumat (8/7/2022).

Dalam kegiatan itu, pihak sekolah menyampaikan terkait program yang ada disekolah, visi dan misi sekolah hingga peran orang tua dalam mendidik anak-anak nya.

Kepala PAUD Terpadu Sehati Dewi Kurniati menjelaskan parenting merupakan salah satu program yang diterapkan disekolah. Dalam berbagai moment itu dilaksanakan, mulai dari awal tahun ajaran baru dan beberapa moment lainnya.

“Kalau di tahun ajaran baru ini, kami memperkenalkan kepada orang tua siapa saja guru, visi dan misi hingga program yang ada di PAUD Terpadu Sehati,”ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, banyak sekali manfaat dari kegiatan parenting tersebut yakni lebih terjalinnya hubungan silaturahim dan kedekatan antara orang tua dan guru, membuka ruang diskusi/sharing serta keterbukaan antara orang tua dan guru.

Kemudian, orang tua bisa mendapatkan informasi yang utuh mengenai program pendidikan anak-anaknya. Bahkan mereka, dapat langsung menyampaikan saran maupun kritik kepada pihak sekolah secara terbuka.

“Terpenting nya, para guru mendapat banyak masukan yang bisa dijadikan acuan dan pertimbangan dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.”jelasnya.

Dalam kegiatan itu, juga anak-anak diajak bermain, bernyanyi dan bergembira dengan tetap menyampaikan pesan kebaikan dengan menumbuhkan karakter baik dalam kegiatan. Misalnya, membiasakan mengucapkan terima kasih, maaf , permisi dan minta tolong yang akan sama sama dilakukan setiap harinya baik disekolah maupun di rumah bersama orang tua.

Dirinya, anak bersama Orang tua dan guru akan terbiasa dengan nilai karakter yang diajarkan disekolah sehati dengan pendidikan holistik berbasis karakter yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari hari dimulai anak usia dini. Yaitu karakter , bersyukur, kasih sayang dan kesetiaan, mandiri, tanggung jawab, jujur,amanah berkata bijak sopan santun, pendengar yang baik, hormat dan patuh, dermawan dan suka menolong.

“Dengan parenting ini mudah- mudahan, orang tua sebagai mitra sekolah mendidik anak anaknya tidak ada perbedaan dalam penerapan karakter baik disekolah maupun di rumah,”harapnya. (Nyt)