Pemilihan OSIS SMKN 4 Layaknya Pemilu

LUBUKLINGGAU-SMKN 4 Lubuklinggau melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS periode 2021-2022. Kegiatan yang penuh kreatif, pasalnya pemilihan OSIS digelar selayaknya Pemilu (Pemilihan Umum).

Kepala SMKN 4 Lubuklinggau Suhar Jendro diwakili Pembina OSIS Isnaini Marfuatun dan Ria Darsi menyampaikan tahapan pemilihan OSIS di mulai dari jadwal pendaftaran, verifikasi data calon, pengundian nomor urut, masa kampanye, penyampaian visi dan misi kandidat hingga hari pencoblosan. Setelah itu, pelantikan dan sertijab (serah terima jabatan).

Untuk kampanye sendiri, dilaksanakan selama tiga hari yakni Rabu (27/10) dan Jumat (29/10). Kampanye juga dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung dengan tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan, dan secara daring dengan membagikan link video calon ketua OSIS & Wakil ketua OSIS dalam memaparkan visi dan misi mereka.

Kemudian, untuk pencoblosan juga dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung dilaksanakan hari ini (Sabtu, 30/10) untuk kelas X dan Senin (1/11) untuk kelas XI & XII. Kemudian, pencoblosan secara daring untuk pelajar dab dewan guru yang tidak hadir.

Untuk pencoblosan secara langsung, pelajar dan guru diberikan surat suara yang tertera nama dan foto ketiga kandidat. Kemudian, mencoblos di bilik suara setelahnya memasukan surat suara dalam kotak suara yang disiapkan panitia. Setelah itu, wajib mencelupkan salah satu jari ke tinta, ini sebagai bukti telah memberikan hak suara.

“Pemilihan OSIS lakukan seperti pemilihan ,umum bertujuan sebagai wadah pembelajaran berdemokrasi pada anak didiknya,”ungkapnya.

Isnaini menyebutkan, ketiga pasang kandidat yakni nomor urut satu Rafik dan Putri Ayuk, nomor urut dua Angga Kesuma dan Kevin Trianggara serta nomor urut tiga Widiyanto dan Nabila Gusniadi.

“Kegiatan ini, diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Dan semoga Ketua dan Wakil yang terpilih nanti, bisa mendukung program sekolah melalui program kerjanya untuk bersama-sama memajukan Sekolah ini,”tutupnya. (Nyt).