Pengunjung Danau Aur Membludak

MUSI RAWAS- Pengunjung Danau Aur yang ada di Kecamatan Sumber Harta membludak, saat libur tahun baru 1 Januari 2022. Pengunjung datang bukan hanya dari Kabupaten Mura, melainkan dari Kabupaten/Kota tetangga.

“Alhamdulillah ramai. Dibanding Natal kemarin, hari ini lebih banyak pengunjungnya,” kata Kepala Disbudpar Mura, Syamsul Joko Karyono melalui Kabid Objek Wisata, Widia, kemarin.

Meski tidak ada yang baru, namun nyatanya Danau Sur masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk hadir. Bahkan, diprediksi kepadatan pengunjung masih akan terjadi hingga besok Minggu 2 Januari, karena hari libur.

“Prediksi besok masih ramai. Kalau yang baru tidak ada, hanya saja pengolahannya yang dirubah, jadi lebih tertib,” jelasnya.

Namun lanjut dia, menyambut tahun baru ini, Disbudpar hanya mempercantik saja, dengan tambahan sedikit ornamen dan penyiapan spot foto baru baik di darat maupun di atas kapal.

“Untuk pengunjung kita wajibkan protokol kesehatan (Prokes). Sebelum masuk, harus scan aplikasi peduli lindungi atau menunjukan kartu vaksin minimal dosis pertama,” ungkapnya.

Namun tak perlu khawatir bagi pengunjung yang belum vaksin. Sebab Disbudpar bekerjasama dengan Dinkes dan Polres Mura, juga menyiapkan gerai vaksin.

“Bagi yang tidak bisa divaksin karena alasan dokter. Maka diarahkan untuk melakukan swab gratis. Untuk pengunjung dibatas 75 persen,” ungkapnya.

Dia mengklaim, bahwa jumlah pengunjung tahun baru lebih banyak dibanding saat libur Natal sebelumnya. Bahkan, kenaikan mencapai 300 persen.

“Target pengunjung tidak ada, tapi tetap berikan pelayanan terbaik. Spot yang paling diminati pengunjung yakni, kapal apung keliling,” ujarnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Mura, Satpol PP dan juga BPBD, untuk membantu pengamanan baik di darat maupun di air.

“Kalau di darat itu ada Satpol PP dan Polres juga Dandim 0406/Lubuklinggau. Nah kalau di air, ada BPBD yang siaga dengan peralatannya, serta melakukan patroli air secara rutin,” pungkasnya. (Ok)