Peringati Hari Santri Nasional Forpes Gelar Perlombaan

MUSI RAWAS – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober mendatang. Forum Pondok Pesantren (Forpes) bekerja sama dengan Kemenag Kabupaten Musi Rawas bakal menggelar beberapa perlombaan.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia yang juga Stafsus Bupati Hj Ratna Machmud Bidang Keagamaan, KH Ustman Syafi’i ketika diwawancarai Bintanginformasi.co.id , Sabtu (16/10/2021).

“Tempat perlombaannya di Kemenag Kabupaten Musi Rawas,” ungkapnya.

Ketua PC NU Mura ini menambahkan lombanya nanti meliputi, futsal, balap bakiak dan memasak nasi goreng. Peserta terdiri dari para santri, pengasuh Ponpes dan pegawai Kemenag Mura.

“khusus futsal, akan diikuti para Kiai ponpes berhadapan dengan pegawai Kemenag. Nah lomba ini sedikit unik, karena nanti menggunakan sarung,”katanya tertawa.

Sedangkan untuk lomba masak nasi goreng, peserta merupakan istri-istri para pengasuh Ponpes.

KH. Usman Syafi’i menjelaskan peringatan Hari Santri Nasional untuk mengenang resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy`ari. hal ini bertujuan untuk melawan penjajahan belanda pada masa itu.

“Seperti yang pernah diucapkan ulama besar Nusantara, KH Hasyim Asy’ari, cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Ucapan tersebut adalah spirit bagi santri untuk terus memperjuangkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”jelasnya.

Dengan diperingatinya Hari Santri Nasional dirinya  berharap ada perhatian khusus dari pemerintah kepada santri khususnya bagi pondok pesantren. (dan)