Prodi PGSD Unpari Gelar Pagelaran Seni Musik dan Tari

LUBUKLINGGAU – Dalam rangka kegiatan Dies Natalis ke-I Universitas PGRI Silampari (Unpari), Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar kegiatan pergelaran seni Musik dan tari di Gedung Embun Semibar Unpari, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema “The colorful charm of archipelago art” tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unpari Dr. Rudi Erwandi. Hadir juga dalam kegiatan itu Wakil Rekor, Dekan, dosen serta mahasiswa Unpari.

Dalam sambutannya, Tata Novela selaku ketua pelaksana mengucapkan terima kasih pada rektor Unpari yang telah memberikan support sehingga terselenggaranya kegiatan itu. Dikatakan ia, kegiatan pagelaran seni musik dan tari itu diikuti mahasiswa prodi PGSD Semester II dan IV.

Tata juga menjelaskan, makna dari tema yang diambil yakni bahwasanya pagelaran ini adalah salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk memperkenalkan macam tarian dan jenis musik Nusantara.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat, kreativitas dan inovasi nya. Dan terus aktif dalam mengembangkan seni budaya dan tradisi secara berkelanjutan,”ungkapnya.

Ia juga mengharapkan, seluruh mahasiswa bisa menjadi guru yang profesional yang beriman, berilmu dan beramal. Serta berguna bagi Nusa dan bangsa.

“Selamat Dies Natalis pertama untuk Unpari, semoga kampus kita bisa menjadi jaya lagi dan lebih cemerlang,”tegasnya.

Kemudian, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Hamdan menyebutkan ini yang kesekian kalinya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora melaksanakan kegiatan.

Kegiatan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dijelaskannya di awali dengan keberangkatan prodi Sejarah ke Sumatera Barat, dilanjutkan dengan prodi Bahasa Indonesia ke Palembang dan prodi Bahasa Inggris ke Pare ke Kampung Inggris.

“Hari ini, merupakan pagelaran sangat luar biasa yang dilakukan prodi PGSD,”ujarnya.

Ia mengajak seluruhnya, untuk terus bergerak maju memberikan semangat dan motivasi serta ide-ide cemerlang untuk kemajuan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

“Saya ingin semua prodi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora terus bergerak serta memberikan hal-hal yang terbaik untuk kemajuan prodinya masing-masing,”ajaknya.

Ia mengaku acara yang dilaksanakan PGSD sangat luar biasa. Dirinya berharap ini terus dilanjutkan, guna memberikan yang terbaik pada mahasiswa sebagai persiapan mereka dimasa datang untuk menghadap tantangan zaman yang begitu terbuka serta penuh skill dan segala macam.

“Hal seperti ini terus kita galakan, agar menjadi iklan atau promosi bahwa di Unpari alumni nya bisa menjadi apa saja. Dan dengan kreativitas seperti ini, bisa menempa diri para mahasiswa,”tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unpari Dr. Rudi Erwandi sangat mengapresiasi pagelaran seni yang dilaksanakan Prodi PGSD. Dirinya mengaku, tidak menyangka kegiatan tersebut sangat megah dan luar biasa.

“Ini sangat luar biasa, kita bisa menyaksikan penampilan atau talenta-talenta yang dimiliki mahasiswa prodi PGSD baik di bidang seni tari maupun musik,”ungkap Rudi.

Dikatakan ia, Unpari terus mengembangkan kiprahnya, maka dari itu ia berharap fakultas lainnya juga mempunyai inovasi seperti halnya yang di fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Tujuannya, supaya mahasiswa tidak berhenti melakukan inovasi dan berkreativitas.

“Terus lakukan terobosan, sehingga nama Unpari ini semakin melambung dalam artian semakin banyak dikenal,”jelas Rudi.

Rudi menyebutkan, pagelaran seni musik ini diikuti 24 kelompok dan seni tari 30 kelompok. Pagelaran seni ini juga merupakan cikal bakal untuk mahasiswa bersaing kedepan nya.

“Untuk penampilan terbaik nantinya, bisa tampil dalam acara puncak Dies Natalis Unpari.”ujarnya. (Nyt)