Puskesmas Megang Sakti Kebut Percepatan Vaksinasi 

MUSI RAWAS- Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPT Puskesmas Megang Sakti, terus melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19.

Hal dilakukan dengan melakukan jemput bola mendatangi setiap Desa dan juga lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

“Alhamdulillah, vaksinasi terus kita laksanakan. Ini salah satu upaya kita untuk mempercepat cakupannya,” kata Kepala BLUD UPT Puskesmas Megang Sakti, Rudi Winarno, Rabu (3/11/2021).

Untuk di wilayah kerja BLUD UPT Puskesmas Megang Sakti sendiri, memang sejauh ini cakupannya baru mencapai 17-18 persen. Hal tersebut dikarenakan wilayah kerjanya yang cukup luas, sedangkan petugas vaksinatornya masih terbatas.

“Capiannya masih kecil paling 17-18 persen, karena wilayah kerjanya besar. Padahal setiap harinya rata-rata 150 orang yang melakukan suntik vaksin,” jelasnya.

Selain itu, kendala selanjutnya adanya ketersedian vaksin yang terbatas, sedangkan antusias masyarakat untuk vaksin sangatlah tinggi.

“Sekarang saja sisa vaksin sekitar 200-300 dosis saja, mungin dua atau tiga hari kedepan habis. Antusias warga sangat tinggi, kita membagi jadwalnya untuk pelayanan jemput bola, karena petugas kita terbatas,” ucap Rudi.

Ia menjelaskan, untuk mempercepat cakupan vaksinasi di wilayah kerjanya, mereka hampir setiap hari melakukan vaksinasi jemput bola, disamping di Rawat Inap Puskesmas juga tetap berjalan.

“Kita usaha terus meski kurang tenaga, karena antusias masyarakat cukup tinggi. Sekarang sudah maksimal, karena vaksin juga terbatas. Kemudian kendala juga entri NIK warga terkadang ada tidak online, tapi tetap kita layani,” ungkapnya. (Ok)