Resmikan Yayasan TK Indah Qurniati, Hj.Yetti Oktarina Prana Tekankan Penanaman Pendidikan Karakter

LUBUKLINGGAU-Bunda PAUD Kota Lubuklinggau Hj.Yetti Oktarina Prana meresmikan Yayasan TK Indah Qurniati yang berada di Perumahan Griya Persada Rt.07 Kelurahan Karya Bakti Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau, Rabu (25/1/2022).

Hadir juga dalam kegiatan peresmian sekaligus syukuran tersebut Ketua GOW Lubuklinggau Hj.Sri Haryati Kohar, Ketua DWP Kota Lubuklinggau Hj.Rika Rahman Sani dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Eplin Erwinsyah serta beberapa tamu lainnya.

Dalam sambutannya, sangat menyambut baik dengan adanya peresmian sekaligus syukuran TK Yayasan Indah Qurniati tersebut.

Rina Prana, juga bangga dengan Ketua Yayasan Indah Qurniati Hj.Paulina karena membuktikan bahwa segala keterbatasan bukan penghalang untuk terwujudkan sebuah cita-cita. Dan dengan dasar cinta pada almarhumah anaknya, beliau mendirikan Yayasan ini.

“Jadi ini dibuat atas dasar cinta seorang ibu pada anaknya,”ujar Rina.

Dikatakannya, pendidikan dan pengurusan anak tidak boleh salah. Karena, ketika dewasa nanti anak-anak inilah yang akan menjadi penggerak roda negara ini.

“Anak yang kecil ini, pada saatnya nanti akan dewasa. Dan mereka yang akan melaksanakan roda pembangunan ekonomi di negara ini,”ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, di TK ini pondasi awal pendidikan dan diutamakan itu pendidikan karakter.Tidak usah dipaksakan anak untuk menulis, membaca yang penting itu karakternya. Semakin kuat karakter yang dibangun diawal ini, maka akan semakin besar potensi atau karakter baik akan dibawah sampai dewasa.
“Jadi jangan pernah abaikan pendidikan karakter. Kalau tidak pandai Matematika, masih bisa disiasati dengan karakter yang baik, tekun, gigih dan itu dibentuknya mulai sejak dini,”papar Rina.

Lanjutnya, tidak ada satu SD yang boleh mensyaratkan anak masuk sekolah bisa baca. Kalau ada yang mensyaratkan hal itu langsung lapor pada dirinya, dirinya akan bantu urus.

Dalam kesempatan tersebut, Rina juga berpesan pada orangtua, agar jangan memaksakan anak untuk menjadi apa yang kita inginkan.
Biarlah mereka memilih jalan hidupnya sendiri, yang penting itu anak sopan, bicara dengan orang tua adabnya benar dan empati dengan sesama tinggi dan itulah karakter yang diharapkan.

“Saya titipkan pada bunda Paud, agar menanamkan pendidikan karakter pada anak, tentang berbuat baik, empati, sopan santu, etika dan lainnya,”pesan Rina.

Sementara itu, Pendiri Yayasan TK Indah Qurniati Hj. Paulina Simanjuntak menceritakan berdirinya yayasan TK tersebut berawal dari niat baik sang anak yang sudah menghadap sang khalik untuk membuka TK, guna membantu dunia pendidikan Lubuklinggau. Bahkan, untuk anak-anak tidak mampu tidak bayar atau gratis.

“Jadi kami meneruskan niat baik itu, dalam Alhamdulillah sekarang TK nya sudah berdiri dan hari ini kami melakukan syukuran,”ungkap Paulina.

Dirinya juga menyebutkan, di tahun pertama berdirinya TK Indah Qurniati memiliki 27 peserta didik, untuk TPA 22 orang dan hafidz Qur’an gabungan semuanya. (Nyt)