SIKAMJA Permudah Alumni Cari Lowongan Pekerjaan

LUBUKLINGGAU – Dalam rangka menelusuri jejak alumni dan memberikan informasi lowongan pekerjaan untuk alumni SMK, Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Sumatra Selatan melaksanakan workshop Tracer study alumni SMK se Sumatera Selatan menggunakan aplikasi SIKAMJA.

Workshop ini diikuti Ketua BKK di Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara dan dibuka langsung oleh Koordinator pengawasan SMA/SMK Kota Lubuklinggau Sunardi, di SMKN 3 Lubuklinggau pada Selasa (8/3/2022).

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum BKK Sumsel Lisparida,Ketua MKKS SMK Kota Lubuklinggau Puguh Purnomo, Ketua MKKS SMK Musi Rawas Utara Edi Sutriono, Ketua MKKS SMK Musi Rawas, Robiyanto dan kepala SMK di lingkungan
Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Ketua MKKS SMK Kota Lubuklinggau Puguh Purnomo mengatakan dengan adanya workshop ini bisa membantu alumni melalui aplikasi SIKAMJA. Selain itu, para alumni akan terorganisir dan akan mendapatkan suatu informasi peluang kerja.

“Jadi, mari kita ikuti kegiatan ini sedemikian rupa sehingga, kita akan bisa berbuat lebih banyak untuk para alumni.”ungkapnya.

Lebih lanjut, Puguh menjelaskan BKK ini sebagai unit pelaksanaan yang memberikan pelayanan dan informasi mengenai lowongan kerja, bahkan pelaksanaan pemasaran penyaluran dan penetapan tenaga kerja.

“BKK ini dibentuk setiap unit di satuan pendidikan yang tujuan untuk memberikan pelayanan, penyaluran bahkan menginformasikan dan menyalurkan kepada siswa, dunia usaha dan dunia industri. Dimana, pihak sekolah juga dipertemukan dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan,seperti salah satu contohnya Daihatsu dimana ada beberapa siswa yang direkrut,bahkan sekarang mengembangkan lagi dengan Garmen yang berada di Jawa yang membutuhkan ribuan tenaga kerja,”tegasnya.

Ketua Forum BKK Sumsel Lisparida menjelaskan latarbelakang pihaknya mengadakan workshop tersebut berdasarkan LHP dari Badan Pemeriksaan Keuangan yang mengaudit tentang kinerja pendidikan vokasi khususnya di Sumatera Selatan yang menyatakan selama ini sekolah belum bisa memberikan data valid tentang keterserapan alumni SMK, baik itu bekerja, wirausaha maupun melanjutkan.

Maka dari itu, dilaksanakan workshop Tracer study alumni SMK se Sumatra Selatan menggunakan aplikasi SIKAMJA dibeberapa Kabupaten, dengan harapan akan mendapat data valid keterserapan alumni.

“Dengan menggunakan aplikasi SIKAMJA ini bisa membantu bisa mengetahui keterserapan alumni. Juga memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan, dan aplikasi ini bisa didownload alumni menggunakan HPnya masing-masing,”tutupnya. (Nyt)