SMPN 6 Gelar Pesantren Ramadhan,Lomba dan Berbagi Takjil

LUBUKLINGGAU- Selama enam hari, SMPN 6 Lubuklinggau menggelar pelaksanaan pesantren Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan secara per sesi, mengingat pembelajaran masih menerapkan sistem ganjil genap.

Kepala SMPN 6 Lubuklinggau Eka Rahmawati mengharapkan dengan adanya pesantren Ramadhan ini dapat meningkatkan ketaqwaan anak didiknya pada Allah SWT. Sehingga, dapat memperbaiki karakternya menjadi lebih baik lagi, dengan melaksanakan ajaran agama dan menjauhi larangan Allah SWT.

“Nantinya, pribadi anak-anak akan menjadi taat pada Allah SWT, patuh pada orang tua. Jadi, yang tadinya nakal, dengan ini bisa mengurangi pelanggan-pelanggaran yang pernah mereka lakukan,”ungkap Eka

Dengan kegiatan ini juga, lanjut Eka dapat meningkatkan silaturahmi sekaligus jiwa sosial. Mengingat, pesantren Ramadhan ini tidak hanya diwarnai dengan penyampaian materi keagamaan saja, namun juga ada kegiatan berbagai kepada masyarakat.

“Dengan ini juga, dapat menimbulkan rasa peduli anak-anak dengan masyarakat yang tidak mampu,”ujar Eka

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMPN 6 Lubuklinggau Santi Agustina menambah kegiatan pesantren Ramadhan SMPN 6 Lubuklinggau diisi dengan perlombaan, mulai dari lomba adzan, fashion show busana muslim dan mengaji.

Selain itu, juga ada penyampaian materi keagamaan yang disampaikan oleh dewan guru tentang puasa ramadhan, sholat, rukun Islam, thaharah atau bersuci, akhlak, adab kepada orang tua dan guru, keutamaan malam Lailatul Qadar, adab makan dan minum serta zakat fitrah.

“Kita juga ada kegiatan berbagi takjil dengan masyarakat. Harapan kami, kegiatan pesantren Ramadhan ini dapat meningkatkan iman dan taqwa anak dengan memahami adab yang benar serta memahami Islam secara utuh,”harapnya.(Nyt)