Tim Tracker Pasang Sticker “Rumah Ini Sedang Isolasi Mandiri”

*Masyarakat yang Isoman Setuju

MUSI RAWAS – Bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tim tracker dan petugas PPKM Desa memasang sticker setiap rumah yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Sticker terpasang bertuliskan “Rumah ini Sedang Isolasi Mandiri”.

Tim tracker KUPT Puskesmas Megang Sakti bersama tim PPKM Desa usai memasang sticker salah satu rumah yang sedang melakukan isolasi mandiri. (Ist)

Relawan tim tracker KUPT Kecamatan Megang Sakti, Bintoro ketika diwawancarai membenarkan pemasangan sticker dilakukannya di Desa Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti.

Bahkan pemasangan sticker ini sudah lama mereka lakukan, yakni dari sistem lockdown pada 2020 lalu dan kali ini berlanjut di masa PPKM.

“Jadi kalau sudah teridentifikasi hasil swabnya dari pihak KUPT Puskesmas Megang Sakti, dan masyarakat isolasi mandiri, maka kita langsung pasang sticker,”jelas Bintoro.

Lanjutnya, setiap kali mereka menemukan masyarakat positif covid, kemudian disarankan isoma dan rumahnya langsung di pasang sticker.

Dengan terpasangnya sticker tersebut, warga sekitar yang budayanya akan menjenguk orang sakit untuk tidak melakukan kunjungan terlebih dahulu. Mengingat warga yang sakit sedang kena wabah, dimana penyalurannya bisa melalui jarak dekat, ataupun bersalaman.

“Ini untuk jaga jarak, agar dapat memutus penyebaran covid,”terang Bintoro yang juga Sekjen Karang Taruna Musi Rawas ini.

Ditanyai adakah penolakan dari masyarakat, Bintoro mengaku tidak ada sama sekali. Bahkan masyarakat setuju, namun memang sebelumnya mereka sudah menjelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuannya.

“Kita sampaikan edukasi terlebih dahulu tentang penyakit covid ini dan sistem penularannya, dan Alhamdulillah masyarakat setuju,”pungkasnya. (01)