TOS Penuh Sampah, DLH Angkat Bicara

LUBUKLINGGAU- Kesadaran masyarakat untuk cinta kebersihan masih sangat rendah. Hal ini membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) angkat bicara.

Terkhusus banyaknya sampah yang berhamburan di Taman Olahraga Silampari (TOS). Sampah Aqua gelas tampak berhamburan di taman, tentunya sampah ini dari para pengunjung TOS yang sudah berolahraga dan minum, lalu membuangnya sembarangan.

Petugas DLH Kota Lubuklinggau ketika membersihkan sampah yang berserakan di Taman Olahraga Silampari (TOS). Kamis (5/8/2021). (Ist)

Kabid DLH Rully Wijaya ketika diwawancarai membenarkan pihaknya pagi tadi baru saja membersihkan sampah berserakan di TOS.

“Pengunjung harus disiplin lah, apalagi di Tos sudah ada kotak sampahnya,”ungkapnya.

Tidak sedikit, ada 3 atau 4 kotak sampah disediakan oleh DLH maupun Perkim. Rully mengaku sampah yang berserakan berupa sampah plastik bekas jajanan ataupun aqua gelas.

“Silahkan pengunjung ingin menikmati suasana atau berolahraga di tos, tapi ya tetap jaga kebersihan,”pinta Rully.

Apalagi TOS sendiri merupakan salah satu icon Kota Lubuklinggau, sangat disayangkan jika para tamu dari bandara jika melewati dan melihat kondisi TOS penuh dengan sampah.

“Malulah kalau tamu lewat melihat kondisi TOS kotor,”ketusnya.

Terkait sampah banyak bekas jajanan, Rully juga memerintahkan petugasnya mengimbau para penjual makanan untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Sebenarnya penjual sudah ikut membantu membersihkan, namun ya itu tadi mereka hanya membersihkan dekat mereka jualan saja, dan memang kalau dilihat sampahnya, bukan dari penjual,”bebernya.

Sebenarnya, sudah ada petugas khusus menjaga kebersihan di TOS, namun memang, lanjut Rully, petugas juga tidak bisa membendung kalau sampahnya sudah banyak.

Rully juga mengimbau disituasi saat ini, hendaknya masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar atau berkerumun di TOS. (01)