UPZ Mansadel, Saluran Zakat Profesi ke Panti Asuhan

LUBUKLINGGAU – Pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) MAN 1 Model Lubuklinggau (Mansadel) kembali menyalurkan zakat profesi guru beserta staf. Panti asuhan serta anak didiknya yang kurang mampu, menjadi sasaran untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Ketua UPZ Mansadel Mansyur menjelaskan zakat profesi sendiri berasal dari guru-guru beserta staf tata usaha Mansadel. Zakat profesi di Mansadel berdasarkan ketentuan syariat Islam yaitu 2,5 persen (dua setengah persen) dari gaji pokok guru PNS atau Pegawai PNS dan ini tanpa pemaksaan. Tujuannya, selain membersihkan harta juga mencari keberkahan pada bulan Suci Ramadan.

Dirinya menyebutkan, untuk tahun ini zakat profesi tersebut pihaknya saluran pada panti asuhan dan anak didiknya. Untuk panti asuhan, lanjutnya ada tiga panti yang menerima bantuan dalam bentuk sembako itu.

“Panti asuhan yang kita berikan bantuan yakni panti asuhan Putra Hidaya, Siti Khodijah dan Masthuroh. Di samping sembako, kita juga menambahkan mukena dan kain khusus di panti Hidaya,’jelasnya.

Sedangkan, untuk pelajar itu dalam bentuk uang dengan harapan untuk keperluan sekolahnya contoh untuk beli buku pelajaran dan lainnya.

“Jadi ini kita salurkan pada anak kita yang tidak mampu. Serta untuk alumni yang akan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi, kita juga bantu,”ungkap Mansyur.

Dirinya mengharapkan, semoga pembagian zakat profesi tersebut dapat sedikit membantu anak-anak panti asuhan beserta anak didiknya.

“Jadi kita bisa turut berbagi, kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita,”tutupnya. (Nyt)