Vaksinasi Covid-19 Baru 32 Persen, Kades dan Camat Diminta Tanggung Jawab

MUSI RAWAS- Secara umum, cakupan vaksinasi di Kabupaten Musi Rawas hingga saat ini baru mencapai 32 persen dari target sasaran yang ditetapkan sebanyak 308.524 orang, atau baru 98.311 orang yang sudah di vaksin.

“Secara umum cakupan vaksinasi di Kabupaten Mura baru 32 persen dari target sasaran,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura, Nanti Kasih melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Edwar Zuliyar.

Rendahnya cakupan ini, Bupati Mura mengintruksikn agar dilakukan upaya percepatan laju vaksinasi per hari. Dimana untuk setiap unit layanan, minimal memberikan vaksinasi sebanyak 150 orang setiap harinya.

“Setiap unit layanan vaksinasi juga harus secepat mungkin melakukan vaksin, sehingga stok vaksin yang ada di Faskes/Puskesmas harus habis dalam waktu lima hari,” ungkapnya.

Bahkan, Pemkab Mura sudah melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri. Kemudian, untuk prioritas vaksinasi saat ini yakni untuk pelajar, ibu hamil (Bumil) dan masyarakat umum.

“Untuk itu kepada masyarakat, agar ikut mendukung program percepatan laku vaksinasi dengan mau hadir ke unit pelayanan vaksinasi,” ungkapnya.

Setiap fakes dan Puskesmas juga diminta untuk berkoordinasi dengan Camat dan Pemerintah Desa, untuk melakukan pemetaan wilayah desa yang paling rendah cakupan vaksinasi untuk dilakukan percepatan vaksinasi.

“Camat dan Kades bertanggung jawab terhadap peningkatan cakupan vaksinasi di wilayah kerjanya,” bebernya. (Ok)